Kamis, 19 November 2015

TNGM Menuju TN Berbasis Mitigasi Bencana Alam



Saat ini tepat 5 tahun erupsi besar Gunung Merapi (26 Oktober – 6 Nopember 2010) yang membawa korban jiwa, harta benda dan ekosistem yang tidak sedikit. Luncuran awan panas (pyroclastic flow) telah merusak dan memusnahkan sebagian hutan di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM). Bahkan erupsi tersebut oleh Presiden SBY ditetapkan sebagai Bencana Nasional.
 
Sebagai salah satu gunung berapi yang aktif, kawasan Gunung Merapi merupakan daerah rawan bencana. Bencana alam erupsi Merapi tahun 2010 menjadikan pelajaran berharga bagi pengelolaan Taman Nasional (TN)  yang berbasis pada mitigasi bencana alam (pengurangan resiko bencana alam). Pengelolaan TN berbasis pada mitigasi bencana adalah model pengelolaan yang disesuaikan dengan kerawanan (hazard), kerentanan (vulnerability), dan komponen yang beresiko (elemen at risk) terhadap kepunahan.

Spesies (makhluk hidup) yang paling rentan terhadap kepunahan meliputi organisme besar; makanan; spesies populasi ukuran kecil; spesies yang telah berevolusi dalam isolasi; spesies dengan penyebaran miskin; migrasi spesies; dan spesies bersarang dalam koloni. Beberapa faktor yang mendorong meningkatnya kepunahan adalah kerusakan habitat; spesies asing/pendatang (invasive alien species); eksploitasi berlebihan dan perburuan; fragmentasi habitat; dan bencana alam.


Opini TribunJogja tanggal 30 Oktober 2015


Faktor penyebab kepunahan keanekaragaman hayati sendiri berkaitan erat dengan teori biogeografi pulau. Teori ini menjelaskan bahwa luas area pulau akan menentukan jumlah spesies yang menghuninya. Saat luas habitat alam suatu pulau berkurang akibat bencana, maka pulau tersebut hanya mampu mendukung spesies sebanyak yang hidup pada pulau yang lebih kecil ukurannya (Supriatna, 2008).

Teori biogeografi pulau dapat digunakan untuk menjelaskan fenomena kepunahan spesies yang terdapat di kawasan konservasi, seperti TN. Kawasan TN dianggap sebagai suatu pulau yang dikelilingi oleh habitat yang rusak. Ketika pulau itu rusak akibat tingginya tekanan dari sekelilingnya, maka spesies yang hidup di pulau tersebut akan musnah.

Pemodelan yang dilakukan Mac Arthur dan Wilson (1967) menyebutkan bahwa apabila 50% dari luasan kawasan rusak, maka 10% spesies yang ada didalamnya punah (Primack, 1993). Hasil Rapid Damage Assessment dengan citra satelit yang dilakukan oleh Balai TNGM menunjukkan 5.263,06 Ha atau 82,10% total kawasan rusak.

Alhasil selama 5 tahun pengelolaan TNGM lebih memfokuskan pada kegiatan restorasi ekosistem (pemulihan ekosistem). Selain itu juga kegiatan monitoring kembali potensi tumbuhan dan satwa liar; serta sumber/mata air. Kegiatan restorasi juga meliputi kegiatan penanaman dan pemberdayaan masyarakat sekitar kawasan TNGM. 

Kegiatan-kegiatan tersebut tidak hanya dilaksanakan internal Balai TNGM, tetapi juga kerjasama dengan stake holder seperti Fakultas Kehutanan UGM, BPPTKG, SAR, JICA, LSM Kanopi, Kutilang, media massa, dan lain sebagainya. Bahkan satu tahun ini Balai TNGM juga melakukan kegiatan mitigasi bencana seperti kecelakaan pendakian dan pengendalian kebakaran hutan.

Operasi khusus SAR (Search And Rescue) pendaki Ery Yunanto pada bulan Mei 2015 dan kebakaran di wilayah Magelang selama musim kemarau ini menjadikan pelajaran berharga bagi Balai TNGM. Paska kejadian tersebut Balai TNGM melakukan peningkatan kemampuan SAR petugas TNGM terutama yang berada di Resort bersama masyarakat. 

Balai TNGM tidak dapat bekerja tanpa dukungan dan peran serta masyarakat. Oleh karena itu, masyarakat sekitar TNGM dilibatkan dalam pengelolaan. Untuk bidang SAR sudah terbentuk 2 kelompok SAR yang sudah dapat diandalkan, yakni SAR Barameru dari Desa Lencoh, Selo, Boyolali; dan SAR 12 dari Desa Tegalmulyo, Kemalang, Klaten.

Demikian pula dengan bidang pemberdayaan masyarakat, sudah terbentuk kelompok tani hutan di hampir semua desa sekitar kawasan TNGM. Kelompok tani ini selalu dilibatkan dalam kegiatan restorasi kawasan akibat erupsi, serta kegiatan peningkatan ekonomi masyarakat. 

Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan mengelola kawasan rawan bencana Balai TNGM sudah menyusun visi untuk rencana strategis tahun 2015 – 2019, yakni: Menjadi Taman Nasional Yang Mantap Dalam Mengelola Ekosistem Volkano Yang Dinamis Berbasis Partisipasi Para Pihak.” Semoga pembelajaran selama 5 tahun dapat memudahkan dalam mencapai visi tersebut. Allahu'alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar